Waktu pertama kali kerja

Gw mau sharing ke pembaca setia blog gw ini, yang setelah gw cek Google Analytics jumlahnya rata-rata 2 sampai 3 orang per bulan, perkembangan traffic yang bagus yang patut gw syukuri.

Sedikit background informasi terkait kualitas kuliah dan otak gw waktu kuliah dulu ya. Gw ini jurusan IT di Binus University, yang nilai mata kuliah Algoritma dan Pemrogrammannya E, iya E. Nilai akhir mata kuliah 6 SKS itu 38, E. Bukannya gw bodoh ya sampai dapat nilai E, tapi bego banget. Otak ga sampe. Itu semester satu.

Jadi waktu semester 4, Jess udah semester 6. Dia ada magang di satu perusahaan (bagian creative dan design), dan ada unit kerja IT nya. Dia bilang ke gw, untuk magang aja di sana, sekalian belajar itu coding gimana. Mungkin dia takut, suami masa depannya itu ga punya masa depan di kemudian hari. Waktu itu baru mulai pacaran, dia udah mikir sejauh itu. ASUMSI gw. Hahahaha.

Akhirnya gw membuat surat lamaran kerja magang ke owner serta lead divisi IT di tempat magang Jess, namanya Ko Hari.
Surat lamaran gw tulis tangan, yang gw berusaha nulis sebagus yang gw bisa. Gw baru bertanya-tanya sekarang, kenapa gw ga tulis di PC dan print aja, kenapa harus tulis tangan waktu itu. Mungkin waktu itu gw berpikir agar lebih ada efek dramatisnya. Balik lagi, apa yang kalian harapkan dari anak kuliah jurusan IT yang nilai Algoritma dan Pemrogramman yang 6 SKS itu dapat E.

Begini kira-kira isi surat lamaran gw.

Bagian atas, YTH dan tanggal.
Kalimat pertama, Dengan hormat dll dll

Paragraf pertama :
Cerita tentang keluarga gw, bokap gw kerja apa - nyokap gw kerja apa. Dan di mana gw lahir dan gede.

Paragraf kedua :
Cerita tentang gw ini sangat bego, Algoritma dan Pemrogramman itu E. Jadi gw dah set espektasi, kalau gw diterima magang, itu mentor gw harus siap2 jadi emosi atau gila ngajarin gw.

Paragraf ketiga :
Kenapa gw mau magang ?
Gw jelasin karena gw mau belajar IT yang bener itu gmana, jadi waktu gw lulus at least ngerti. Ngerti aja udah bagus untuk gw, ga perlu jago.

Paragraf keempat :
Isinya kata-kata ga guna kenapa perusahaan itu harus menerima gw magang.

Terakhir :
Terima kasih.

Gw amplopkan. Gw titip ke Jess suratnya.

--

Surat dikasih Jess ke Ko Hari.
Minggu depannya gw dipanggil interview.

Minggu depannya gw datang, gw ditanya kapan bisa mulai kerja. Gw kaget, GAMPANG BANGET YA DAPAT KESEMPATAN KERJA MAGANG ITU.
Gw tanya ke Ko Hari : "Pak, udah diterima? Kenapa diterima?"
Ko Hari : "Gw kasian ma lo, kayaknya ga punya masa depan gitu"

KAMP***T

--

Gw bersyukur

--

Waktu gw masuk kerja magang, gw dah set espektasi juga untuk diri sendiri. Gw itu mau belajar, biar waktu ada pemrogramman lagi, at least nilai gw C aja dah cukup. Jadi gw minta diajarin. Ga usah ada gaji, ga usah ada uang saku, ga usah ada apa-apa. Berharap aja yang ngajarin gw ga stress dan gila aja.
Yang ngajarin gw langsung itu Ko Hari, bingung gw. Kenapa harus dia langsung ?

Starting dari HTML, bikin TABLE yang ada kotak2nya. Dia gambar di kertas, dia minta gw coding buat itu kotak-kotak.
1 minggu gw mencoba, tidak jadi apapun kecuali 1 garis lurus warna hitam.

Ko Hari ketawa kenceng minggu depannya.
Dalam hati gw, untung gw dah tulis level kebodohan gw di surat lamaran gw di Paragraf kedua.

Akhirnya dia ngajarin langsung
Border
Height
Width
Colspan
Rowspan
dll
dll
Hanya terkait TABLE HTML aja

Gw magang disela-sela kuliah gw semester 4 itu. Jadi kalau gw kuliah siang, gw pagi ke sana. Kalau gw kuliah pagi, siang gw ke sana. 1 bulan pertama diajarin basic HTML aja.
Bulan kedua udah starting server side programming.
Ko Hari tanya gw : "Ngerti ga maksudnya server side programming ?"
Gw jawab : "Pertanyaan bodoh sekali Pak, ya jelas gw ga ngerti lah".

Kayaknya nyaris gw dilempar dari lantai 3 ruko itu.

--

Bulan kedua, gw diajarin PHP. Dari yang sangat basic, echo. If else, for, while. hampir 2 bulan itu Ko Hari ngajarin gw hal-hal simple dan bego gitu.
Jadi total 3 bulan, dia habisin waktu itu untuk orang tak berguna ini.
Yang mana, gw itu hutang budi banyak sekali ke Beliau.

Bulan keempat, dia mulai suruh gw bikin part kecil project bikin forum online untuk orang tua murid untuk salah satu sekolah.
Gw mulai implemen ilmu gw untuk HTML + PHP. Gw kerja di kantor dia, kadang sampai jam 11 malam, sampai dia ngusir gw suruh pulang. Dia ga kasih gw nginep di kantor dia, mungkin takut gw colong barang di sana.
Bulan keempat itu, gw paling cepat pulang jam 9an malam, tiap hari. Itupun karena diusir sama dia. Kemudian dia minta jadwal kuliah gw, jadi kalau gw lupa kuliah, gw diusir juga disuruh kuliah dulu.
Gw lanjut bikin itu forum online, di PC kost juga.

Begitu senangnya gw bisa coding. Segitu senangnya gw untuk bisa memberikan terbaik untuk Ko Hari, bantuin dia.

2 bulan itu jadi beberapa page website forum online. Dengan bangganya gw kasih ke Ko Hari. Dia cek ulang.
Dia bilang ke gw dengan nada yang sopan : "ini coding salah semua, gpp. Ntr gw bikin ulang aja".

Gw diam.

--

1 bulan berikutnya, kerjaan gw cuma duduk disebelah dia. Ngelihat dia coding. Dia mulai coding, dari coding gw. Per part dia jelasin salahnya di mana, dan yang benar seperti apa. Kenapa itu salah, misalnya logic salah, cara pakai for nya salah, dll. Kalau udah jam kuliah gw, dia suruh gw kuliah dulu. Waktu udah kosong, dia akan lanjutin lagi codingnya bareng dengan gw.

Rasanya gw pengen cepat-cepat kelar itu kuliah, biar bisa belajar lagi dengan Ko Hari.

6 bulan pertama, ya gw ga dapat duit. Yang gw dapat itu, kerja yang benar itu seperti apa, cara develop sesuatu yang benar itu seperti apa. Bulan-bulan berikutnya gw dikasih uang belas kasihan mungkin ya ma dia, yang angka persisnya gw juga lupa berapa. Mungkin per project atau per apa. Gw ga tanya, gw ga mau tau.

Setelah itu, dapat bantuin lagi beberapa project kecil. Masih salah juga, dia harus coding ulang juga. Tapi target gw sampai gw lulus kuliah, gw ga mau lihat dia benerin coding gw lagi.

Ko Hari bukan orang yang bermulut manis, ya kalau dia marah ya marah. Dia bilang salah ya salah. Dia ketawa ya ketawa. Apa adanya.
Tapi dia ngajarin gw untuk mulai kerja itu harusnya ngapain. Attitude kerja itu gmana. Totalitas kerja itu gmana. Kualitas kerja itu gmana.
Dia ga suka gw manja, sedikit-sedikit tanya.
Dia ga suka gw excuse.
Dia ga suka gw bikin sesuatu seadanya, semua itu diusahakan perfect.
Dia ga suka gw keluar dari target delivery, kerja harus ontime. Datang ke tempat kerja harus ontime, biarpun hitungan gw waktu itu "cuma magang".

Semester 4 sampai gw lulus, mungkin ini masa-masa gw paling banyak belajar foundation dari sisi skill dan cara bekerja yang baik. Jadi setelah gw mulai kerja "beneran" di BCA Finance dan CIMB Niaga, gw dah punya foundation. Selalu menjadi best employee dan karir bagus, karena dinilai punya kualitas dan attitude yang baik (biarpun gw sering ngajakin orang berantem).

--

Gw percaya kalau kerja di mana pun akan sama. Basic foundationnya sama. Kerja yang benar itu-itu aja kriterianya untuk pribadi/personal.
Attitude kerja
Totalitas
Belajar terus, research terus
Quality kerjaan

--

Kalau cuma kerja apa adanya, masa depan juga apa adanya.

Darwin Susanto

Darwin Susanto

Diving to Digital Marketing, and believe Marketing must be fully supported by Creativity and Technology.